Porsche 911 Dakar akan debut 16 November di Los Angeles

Pengujian Porsche 911 berkemampuan off-road yang lebih tinggi telah menjadi rumor selama beberapa waktu, dan tentu saja, pembuat mobil modifikasi telah memberikan interpretasi tema mereka sendiri, seperti spesialis restorasi-modifikasi Singer Vehicle Design dengan Studi Kompetisi Segala Medan, dan Marc Philipp Gemballa dengan Marsien.

Sekarang, upaya tersebut telah dikonfirmasi oleh Porsche sendiri dengan 911 Dakar yang telah menyelesaikan pengujian off-road, yang akan ditayangkan oleh pabrikan Jerman di Los Angeles Auto Show minggu depan pada 16 November.

Porsche telah melakukan lebih dari 10.000 km pengujian off-road pada 911 Dakar sejauh ini, sebagai bagian dari program pengujian mobil yang lebih luas yang telah melihat lebih dari 500.000 km tercakup dalam jarak tempuh uji. Tes ini melampaui tempat pembuktian off-road di fasilitas Weissach Porsche, menjelajah lebih jauh melintasi Eropa dan ke Timur Tengah.

Rute yang mirip dengan jalur reli ditangani di jalur uji Ch√Ęteau de Lastours di Prancis selatan untuk pengujian di permukaan lepas serta di atas lompatan, sementara salju dan es ditangani di lapangan uji cuaca dingin di Arjeplog, Swedia.

Dengan ‘Dakar’ dalam namanya, lingkungan gurun juga harus dikuasai, sehingga 911 Dakar diuji secara ekstensif di Dubai dan Maroko, di mana unit pengembangannya diangkat. Neuelfer didorong berulang kali di atas bukit pasir yang curam, setinggi 50 m dalam suhu lebih dari 45 derajat Celcius.

Spesifikasi teknis untuk 911 Dakar belum terungkap, dan masih harus dilihat apakah 911 yang mampu off-road akan diproduksi seri reguler, atau dibuat sebagai edisi terbatas. Mengingat desain off-roadnya yang singkat, all-wheel-drive dan powertrain turbocharged kemungkinan akan ditampilkan di sini.

Porsche 911 Dakar bukan satu-satunya lini mobil sport yang menelurkan varian off-road yang terangkat; Lamborghini Huracan Sterrato concept 2019 akan muncul sebagai mobil produksi saat diluncurkan di Miami, AS bulan depan, menurut Autocardan ini juga akan menjadi model pembakaran internal murni terakhir dari pembuat supercar Italia.