MAA: Pemerintah berfokus pada EV sekarang; tidak akan ada insentif tambahan untuk pasar massal mobil bertenaga ICE

Untuk kendaraan bertenaga mesin pembakaran internal (ICE) reguler, jangan berharap insentif lebih lanjut dari pemerintah untuk industri otomotif dan pembeli mobil, karena pembuat kebijakan saat ini fokus pada kendaraan listrik (EV). Hal itu disampaikan Presiden Asosiasi Otomotif Malaysia (MAA) Datuk Aishah Ahmad dalam tinjauan klub otomotif 2022 kemarin.

“Sejauh yang saya tahu, kami tidak mengharapkan apapun pada mobil ICE karena fokus pemerintah saat ini adalah pada EV. Kami memiliki gugus tugas MITI di EV yang bertemu setiap bulan untuk membahas EV, dan semua lembaga pemerintah dan kementerian semuanya ada di sana untuk membahas apa yang perlu ditegakkan untuk memastikan EV dijual di Malaysia, ”kata Aishah ketika ditanya tentang insentif untuk pembeli mobil biasa.

“Fokusnya adalah memastikan lingkungan hijau pada tahun 2050. Fokusnya lebih pada kendaraan listrik,” tambahnya, merujuk pada tujuan Malaysia untuk menjadi netral karbon pada tahun 2050, yang diumumkan dalam Rencana Malaysia ke-12 pada tahun 2021.

Hibrida dipandang sebagai batu loncatan untuk kendaraan listrik baterai penuh, langkah pertama dari tangga elektrifikasi. Mereka terbukti di pasar, kuantitas yang diketahui, dan lebih murah daripada EV. Raksasa Jepang Toyota dan Honda adalah yang pertama memenangkan hibrida lebih dari satu dekade yang lalu, dan keduanya masih dalam permainan hari ini berkat insentif pemerintah. Aishah mengatakan MAA akan melobi agar hal itu terus berlanjut.

“Hibrida, kami juga akan mengimbau pemerintah untuk melanjutkan dan meningkatkan insentif hibrida, karena orang akan membeli hibrida terlebih dahulu sebelum beralih ke EV. Pemerintah belum benar-benar menurunkan (insentif) hibrida,” katanya. Namun, insentif hybrid tidak akan bertahan selamanya. “Bahkan untuk EV, mereka berniat mengurangi insentif begitu ada lebih banyak kendaraan di jalan raya,” tambahnya.

Selalu tidak mungkin bagi pembeli mobil untuk mendapatkan lebih banyak permen dari pemerintah, yang jika Anda lupa, tidak terlalu banyak uang. Pandemi membawa program pembebasan pajak penjualan yang diperpanjang beberapa kali, dan banyak yang sudah menikmati penghematan SST, seperti yang terlihat dari rekor TIV tahun lalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *