Scoot Honda Scoopy 2023 di Indonesia, Malaysia Selanjutnya?

Memasuki pasar Indonesia adalah skutik Honda Scoopy 2023, dengan harga antara RM6,591 hingga RM6,378 dengan delapan warna dan empat varian model. Bagi mereka yang bertanya apakah Scoopy mungkin datang ke Malaysia, di pasar lokal ia bersaing langsung dengan BeAT Boon Siew Honda dengan harga RM5.765.

Persaingan pasar lokal lainnya termasuk Yamaha Ego Gear di RM5,418 serta WMoto ES125i di RM4,488, dengan saingan terdekatnya adalah Benelli Panarea 125, dijual eceran di RM6,888, dan Benelli VZ125i di RM5,838. Scoopy telah dijual di Indonesia sejak tahun 2010 dan kini telah memasuki generasi kelima.

Tenaga untuk Scoopy berasal dari mesin 109,5 cc berpendingin udara, satu silinder yang disuplai oleh Honda PGM-Fi. Scoopy menghasilkan 9 hp pada 7.500 rp, dengan torsi 9,3 Nm pada 5.500 rpm, mesinnya sesuai standar Euro 3.

Seperti tipikal skuter di kelas ini, transmisi CVT dan penggerak sabuk mengirimkan tenaga ke roda belakang. Memulai Scoopy dilakukan dengan listrik atau kick-starting. Styling untuk Scoopy sangat retro, sangat mirip dengan merek skuter Italia yang terkenal dan untuk Indonesia, empat varian modelnya adalah Sporty, Fashion, Prestige dan Stylish.

Suspensi dilakukan dengan garpu teleskopik bukan roda depan sedangkan bagian belakang mendapat suspensi swingers satu sisi. Pengereman menggunakan cakram hidrolik pada roda depan berukuran 12 inci sedangkan roda belakang berukuran sama mendapatkan rem tromol mekanis.

Lampu depan proyektor LED besar dipasang untuk tampilan retro sementara kenyamanan berkendara lainnya termasuk Honda Smart Key dengan penyimpanan bawah laut, serta kompartemen penyimpanan besar di penutup depan termasuk pengisi daya USB. Bahan bakar 4,2 liter dibawa ke dalam tangki sementara ketinggian jok ditetapkan pada 746 mm, dengan bobot Scoopy mencapai 95 kg.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *