UMW Toyota Motor meluncurkan model hybrid kedua untuk Malaysia pada 2023; MPV Innova Zenix Hybrid akan tiba?

UMT Toyota Motor (UMWT) telah mengungkapkan bahwa perusahaan akan memperkenalkan kendaraan listrik hibrida kedua (HEV) untuk bergabung dengan Corolla Cross Hybrid di pasar Malaysia tahun depan, sebagai bagian dari arah baru pembuat mobil untuk wilayah ini.

Perusahaan belum mengungkapkan apa model hybrid baru itu, namun salah satu yang mungkin cocok adalah Innova Zenix 2023 yang memulai debutnya di Indonesia bulan lalu. Presiden UMWT Ravindran Kurusamy mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa kendaraan listrik hibrida diyakini sebagai “pilihan yang paling mudah diakses dan terjangkau bagi pemilik mobil untuk memulai perjalanan pengurangan karbon mereka”.

Koneksi penggerak hybrid-listrik ke Innova Zenix hadir berkat powertrain hybridnya yang ditawarkan untuk pasar Indonesia sejak debutnya, dan terdiri dari mesin Dynamic Force empat silinder M20A-FXS 2.0 liter naturally-aspirated yang menghasilkan tenaga 152 PS. pada 6.000 rpm dan torsi 187 Nm dari 4.400 rpm hingga 5.200 rpm.

Dalam konfigurasi ini, mesin bakar digabungkan dengan motor listrik 113 PS/205 Nm untuk menghasilkan output gabungan sebesar 186 PS. Transmisi ke roda depan melalui transmisi variabel kontinu.

Ini adalah generasi ketiga untuk papan nama Innova dan yang menandai perubahan signifikan dari konstruksi rangka tangga model sebelumnya, karena model baru menggunakan konstruksi monocoque pada varian GA-C dari platform Toyota New Global Architecture (TNGA).

Perubahan platform inilah yang menentukan tata letak mesin melintang, berangkat dari mesin longitudinal, driveline berorientasi roda belakang sebelumnya seperti pada Hilux dan Fortuner. Toyota mengungkapkan pada debut Innova Zenix bahwa model generasi ketiga berukuran panjang 4.755 mm, lebar 1.850 mm, dan tinggi 1.795 mm, tingginya tidak berubah dari pendahulunya. Yang juga dibawa adalah ketinggian tunggangannya 185 mm.

Meski begitu, apakah ini akan menjadi model hybrid kedua yang akan bergabung dengan Corolla Cross elektrifikasi dalam jajaran hybrid UMW Toyota Motor untuk Malaysia masih harus dilihat. Jika ya, apakah ini akan masuk dalam daftar pendek untuk mobil keluarga Anda berikutnya?

GALERI: Toyota Innova Zenix 2023

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *