Menghilangkan bau apek dan polutan dari mobil Anda

Kita semua pernah mengalaminya di beberapa titik atau lainnya. Anda masuk ke dalam mobil, menyalakan mesin, dan keluarlah bau apek dari sistem AC. Atau, jika Anda adalah tipe orang yang membiarkan sistem pendingin udara kendaraan Anda dalam mode udara segar, Anda akan terbiasa dengan aroma asap diesel jika sebuah truk kebetulan berada di lalu lintas di depan Anda.

Seperti biasanya, hampir semua orang mengabaikan tanda-tanda bahwa udara yang masuk ke dalam kabin tidak sebaik mungkin. Itu karena untuk skenario pertama, bau busuk hilang setelah beberapa saat, dan dalam skenario kedua, sebagian besar hanya beralih mode ke resirkulasi, dan begitu baunya memudar, Anda tidak memikirkannya lagi.

Kenyataannya adalah sebagian besar dari kita cenderung memandang kabin kendaraan aman dari sudut pandang kualitas udara, dengan anomali di atas hanya gangguan sesekali. Lagi pula, Anda terlindungi dari bahaya lingkungan di dalam kabin, dan tentunya AC memberikan semua keamanan yang Anda butuhkan, bukan? Ya, tidak, karena kontaminan terus ada, meskipun hidung Anda tidak dapat mendeteksinya.

Masalah dengan menggunakan penciuman – dan penglihatan – untuk mengukur kualitas udara jauh dari mudah, karena polusi udara selalu ada, musuh yang tidak terlihat dan berbahaya. Tidak ada rasa aman yang salah ini yang lebih terlihat daripada di tempat yang banyak dari kita menghabiskan banyak waktu setiap hari.

Untungnya, ada penghalang keamanan, dan itu disebut filter kabin. Semua kendaraan modern memiliki satu untuk membantu memastikan udara yang Anda hirup di dalam kabin kendaraan bebas dari kontaminan. Tugasnya menyaring partikel debu, alergen, serbuk sari, dan elemen berbahaya lainnya dari udara saat melewati saluran ventilasi kendaraan.

Masalahnya, kita cenderung lupa bahwa itu ada. Mengingat fungsinya yang sangat banyak, tidak mengherankan jika mengetahui bahwa filter kabin memiliki masa pakai. Karena menumpuk kontaminan, filter pada akhirnya akan tersumbat, yang kemudian mempersulit sistem AC kendaraan untuk bekerja secara optimal. Filter kabin yang tersumbat akan menghasilkan kinerja pencairan dan penghilangan kabut yang kurang baik serta berkurangnya fungsi AC.

Inilah saat penggantian memastikan bahwa Anda terus mendapatkan udara bersih. Ketika saatnya mengganti filter kabin di dalam kendaraan, ada baiknya meluangkan waktu untuk memastikan memilih apa yang efektif dan andal, dan tidak hanya menyerahkan kepada mekanik untuk mengetahui apa yang tersedia di bengkel mereka.

Itu karena perlu diingat bahwa tidak semua filter dibuat sama. Mengingat bahwa rata-rata kita menghirup dan menghembuskan udara sekitar tujuh hingga delapan liter per menit, memiliki filter kabin yang memberikan penyaringan terbaik akan berarti dunia yang berbeda, dan dapat dirasakan begitu.

Spesifikasi memberikan indikasi yang baik tentang seberapa baik kinerja sesuatu, dan filter kabin udara tidak terkecuali. Sebagian besar merek off-the-shelf tidak memberi tahu Anda seberapa baik filter mereka menjebak partikulat. Merek aftermarket otomotif Amerika, WIX, melakukannya. Perusahaan yang merupakan merek grup MANN+HUMMEL ini telah memasok berbagai macam filter untuk mobil penumpang, kendaraan niaga, serta kendaraan berat dan mesin selama lebih dari 80 tahun.

Filter kabin WIX memurnikan udara dan menyaring polutan sehalus satu mikron dari udara sebelum memasuki kabin kendaraan. Itu 70 kali lebih kecil dari ketebalan rambut manusia pada umumnya. Selain memberikan kenyamanan kepada penumpang, udara yang lebih bersih juga melindungi mereka yang alergi terhadap efek iritasi pernafasan.

Selain menjebak partikel padat, filter kabin WIX juga menawarkan versi karbon aktif, yang dapat menyerap bau tak sedap bersama dengan gas berbahaya dan senyawa organik yang mudah menguap (VOC) seperti sulfur dioksida, nitrogen dioksida, karbon monoksida, dan ozon, mencegahnya memasuki kabin. .

Setiap filter kabin WIX dilengkapi dengan teknologi Microban. Ini adalah sistem antibakteri yang diterapkan sebagai lapisan tidak berbau dan tidak beracun pada media filter, mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur pada filter. Microban tidak hanya secara efektif menghentikan alergen, tetapi juga menghilangkannya sepenuhnya. Teknologi tersebut telah teruji di laboratorium dan telah menjalani uji mikrobiologi. Itu juga telah disertifikasi oleh Food and Drug Administration (FDA) AS.

Filter kabin WIX tidak memerlukan input pengguna setelah dipasang, dan yang harus Anda lakukan hanyalah menggantinya setiap tahun atau setiap 15.000 km untuk memastikan Anda mendapatkan udara bersih tanpa hambatan di kabin Anda secara terus menerus.

WIX membuat berbagai filter udara kabin, banyak di antaranya kompatibel dengan kendaraan populer di Malaysia seperti Toyota Vios dan Perodua Bezza, jadi Anda pasti menemukan unit yang cocok untuk perjalanan Anda. Merek ini juga menawarkan rangkaian lengkap filter kendaraan, termasuk filter oli, udara, dan bahan bakar.

Di Malaysia, Anda dapat membeli filter WIX dari:

Klik di sini untuk mengetahui lebih lanjut tentang filter udara kabin WIX, dan di sini untuk teknologi Microban.

Anda juga dapat mempelajari lebih lanjut tentang perusahaan dari video ini. Dan untuk berhubungan dengan merek di Malaysia, kunjungi halaman Facebook WIX Malaysia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *