Volkswagen ID.3 di Malaysia jalan-jalan – jangkauan 425km dengan baterai 58 kWh, RM260rb dari Weststar

Di sini di berkawanilmu.com, kami biasanya mencakup kendaraan yang didistribusikan secara resmi oleh penjaga mereknya di negara tersebut, meskipun untuk kendaraan listrik, pemilihan model yang dijual melalui distributor resminya di Malaysia tetap terbatas untuk saat ini. Buka pilihan Anda untuk memasukkan impor pasar abu-abu, dan pilihannya meluas.

Salah satu mobil tersebut adalah Volkswagen ID.3. Unit khusus ini didatangkan oleh Weststar Motors, karena hatchback elektrik sepenuhnya bukan bagian dari jajaran produk Volkswagen Malaysia. Menempatkan dengan rapi ke dalam kategori hatchback segmen C, ID.3 adalah model EV murni seukuran Golf, dan sebenarnya menggantikan varian tanpa emisi dari papan nama terlaris abadi, e-Golf.

Namun ID.3 berbeda secara signifikan dari Golf dalam hal desain, mengenakan siluet yang lebih mirip MPV daripada hatchback konvensional, dengan kap mesin yang sangat miring ke bawah dari dasar pilar A-nya.

Duduk di arsitektur MEB khusus EV pabrikan, ID.3 kira-kira seukuran Golf, meskipun dengan overhang yang jauh lebih pendek untuk memaksimalkan akomodasi kabin. Hasilnya, jarak sumbu roda sangat diuntungkan, di mana ID.3 terbentang hampir 2,8 m di antara gandarnya, hampir 125 mm lebih panjang dari jarak sumbu roda Golf 2.636 mm.

Tentu saja, pembeda utama ID.3 dibandingkan Golf adalah powertrain-nya, yang merupakan motor listrik tunggal yang menggerakkan roda belakang dengan tenaga 204 PS dan torsi 310 Nm. Dengan demikian, akselerasi 0-100 km/jam ditempuh dalam 7,2 detik dan kecepatan tertinggi 160 km/jam. Dari tiga ukuran paket baterai yang tersedia secara global untuk ID.3, ini adalah paket baterai kelas menengah 58 kWh yang ditentukan untuk mobil yang kita lihat di sini, menghasilkan jarak 425 km pada protokol uji WLTP.

Untuk pengisian daya, ID.3 mengemas pengisi daya AC onboard 11 kW, yang berarti stopkontak wallbox akan mengisi daya 10-80% dalam waktu sekitar empat jam melalui colokan Tipe 2. Temukan outlet pengisian daya DC, dan ID.2 dapat mengisi daya dengan cepat hingga 120 kW, yang membuat ID.3 melewati kondisi pengisian daya 10-80% yang sama dalam 30 menit melalui colokan pengisi daya CCS.

Jika Anda mempertimbangkan EV karena keunikannya dibandingkan dengan penawaran bertenaga ICE tradisional di pasaran, ID.3 dilengkapi dengan kabinnya, di mana ini merupakan perubahan yang signifikan dari Golf kecuali untuk roda kemudi yang serupa, sementara kaca depan yang besar menawarkan pandangan luas itu ke depan. Duduk di atas dasbor adalah unit infotainment kontrol sentuh mengambang, digabungkan dengan tampilan instrumentasi yang lebih kecil untuk pengemudi.

Harga? Weststar Motors telah mendaftarkan unit ini pada RM260,000, yang merupakan potongan yang adil lebih dari penawaran hatchback sekitar 200 PS Volkswagen Malaysia, Golf GTI rakitan lokal pada RM227k. Tepatnya, ini menghasilkan 245 PS dan 370 Nm dari bensin EA888 2.0 liter turbocharged inline-four turbo, menggerakkan roda depan melalui transmisi DSG kopling basah tujuh kecepatan.

Apakah Anda akan menyukai ini, atau menunggu sedikit lebih lama sampai Volkswagen Malaysia secara resmi meluncurkan ID.4 yang lebih besar?

GALERI: Kinerja Pro Edisi Pertama Volkswagen ID.3

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *