Apa itu mobil dengan antena di kantor PM?

Spekulasi telah marak di media sosial Malaysia tentang sebuah Volvo XC90 hitam yang terlihat memasuki kantor Perdana Menteri di Putrajaya setelah pesta pora baru-baru ini mengenai Perdana Menteri baru negara tersebut. Kendaraan dengan jendela gelap membawa nomor registrasi sipil dan dilengkapi dengan antena di rak atap bersama dengan kotak atap.

Banyak teori dikemukakan tentang fungsi kendaraan ini dan kami mendekati sumber untuk sampai ke dasarnya. Berbicara tanpa menyebut nama, sumber kami pertama mengatakan, “kendaraan itu milik polisi, lebih khusus lagi detail keamanan VIP.”

“Kendaraan memiliki dua fungsi. Pertama, itu adalah relai komunikasi untuk kendaraan lain dalam konvoi, membawa beberapa pemancar bertenaga tinggi dan biasanya beroperasi di pita UHF dan VHF, ”sumber kami menjelaskan. “Ini memungkinkan semua kendaraan dalam konvoi untuk terhubung ke jaringan komunikasi yang sama dan berkomunikasi dengan stasiun lain di jaringan yang sama,” sumber kami menambahkan.

“Fungsi utama lainnya, selain untuk komunikasi, adalah fungsi kendaraan sebagai pengacau sinyal.” Pada titik ini, sumber kami menunjukkan bahwa informasi yang dia sampaikan kepada kami, meskipun sebenarnya tidak tersedia melalui sumber terbuka, diklasifikasikan sebagai “Rahasia” di Malaysia.

“Sinyal jamming itu untuk mencegah orang jahat menggunakan ponsel atau sinyal RF (radio frequency) untuk meledakkan bom, atau mencegah sinyal keluar untuk melakukan penyergapan,” ujarnya. “Ini biasa digunakan untuk operasi militer, terutama konvoi. Dalam hal ini, kendaraan sipil digunakan untuk beroperasi di perkotaan.”

Sumber kami menolak untuk memberi kami frekuensi di mana perangkat beroperasi tetapi beberapa telah mencatat hilangnya ponsel dan sinyal lainnya saat kendaraan melewatinya. Jadi, begitulah, itu adalah semacam pos komando bergerak, yang dirancang khusus untuk konvoi kendaraan target bernilai tinggi yang beroperasi di lingkungan yang dibangun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *