2023 Maserati GranTurismo detail lengkap – 3.0L Nettuno V6 hingga 550 hp; Folgore EV dengan 750 hp, 1.350 Nm

2023 Maserati GranTurismo Trofeo

Setelah memberi kita rasa dari generasi kedua Maserati GranTurismo bulan lalu, pembuat mobil Italia kini telah memperlakukan grand tourer 2+2 yang serba baru dengan pengungkapan penuh. Direncanakan untuk mulai dijual pada kuartal kedua tahun 2023, GranTurismo akan ditawarkan dengan bensin dan powertrain listrik sepenuhnya, meskipun yang pertama akan menjadi akses pelanggan pada awalnya.

Mesin bensin adalah Nettuno Maserati, yang merupakan V6 twin-turbo 3.0 liter yang pertama kali memulai debutnya di MC20. Di GT, pabrik mengadopsi sistem oli bah basah alih-alih pengaturan bah kering MC20 yang lebih eksotis dan akan ditawarkan dalam dua kondisi.

Nettuno dalam varian Modena GT akan menghasilkan 496 PS (489 hp atau 365 kW) pada 6.500 rpm dan torsi 600 Nm pada 3.000 rpm, sedangkan versi Trofeo menawarkan 557 PS (550 hp) dan 650 Nm. Untuk konteksnya, GT sebelumnya dengan 4.7 liter NA V8-nya menghasilkan tenaga 460 PS (454 hp atau 338 kW) dan 520 Nm. Selain itu, tidak seperti GT sebelumnya yang hanya menggunakan penggerak roda belakang, model baru ini mendapatkan penggerak semua roda sebagai standar untuk pertama kalinya.

Ini disertai dengan transmisi otomatis delapan kecepatan 8HP75 yang bersumber dari ZF serta diferensial penguncian otomatis belakang (mekanis di Modena dan elektronik di Trofeo). Dari segi performa, Modena membutuhkan 3,9 detik untuk melaju dari 0-100 km/jam dan akan mencapai kecepatan tertinggi 302 km/jam. Trofeo, dengan lebih banyak gerutuan, menyelesaikan sprint abad ini dalam 3,5 detik dan akan mencapai kecepatan 320 km/jam.

2023 Maserati GranTurismo Trofeo

Jika Anda masih tidak terkesan, Maserati juga mendesain GT baru dari awal menjadi EV berkat penggunaan platform modular. Varian EV disebut Folgore dan akan berakselerasi dari diam hingga 100 km/jam hanya dalam 2,7 detik dalam perjalanan ke kecepatan tertinggi yang sama dengan Trofeo.

Hal ini dicapai melalui tiga motor listrik, dengan satu menggerakkan poros depan dan dua di belakang. Masing-masing memberikan 408 PS (402 hp atau 300 kW), dengan Maserati mengutip output sistem total pada roda 761 PS (750 hp atau 560 kW) dan 1.350 Nm. Perusahaan mengatakan powertrain menggunakan inverter silikon karbida (SiC) yang berasal dari Formula E.

Motor listrik beroperasi pada arsitektur listrik 800 volt yang tidak biasa dan menarik daya dari baterai berbentuk T dengan kapasitas energi kotor 92,5 kWh (dapat digunakan 83 kWh). Berdasarkan Mobil dan SopirMaserati mengklaim muatan penuh akan memberikan jangkauan lebih dari 402 km (250 mil).

Berkat sistem tegangan tinggi, GranTurismo Folgore mendukung pengisian cepat DC (koneksi Tipe 2) hingga 270 kW, dengan jarak tempuh hingga 100 km hanya dalam lima menit. Pabrikan mobil Italia tidak memberikan rincian pengisian, tetapi dikatakan bahwa beroperasi pada 400 volt yang lebih rendah, pengisian DC hingga 50 kW dimungkinkan dan dengan pengisian daya AC biasa (koneksi Tipe 2), EV dapat menangani hingga 22 kW .

2023 Maserati GranTurismo Modena

Semua varian GranTurismo memiliki fitur double wishbones di depan dan multi-link di belakang serta pengaturan roda dengan velg 20 inci (dengan ban profil 265/30) di depan dan 21 inci (295/30). ban profil) di bagian belakang. Sistem pengereman juga identik, dengan kaliper enam piston Brembo menggunakan cakram 380 mm di bagian depan, sementara kaliper empat piston menekan cakram 350 mm di bagian belakang.

Salah satu alasan Anda menginginkan varian mesin pembakaran adalah bobotnya, karena Modena dan Trofeo sama-sama memiliki timbangan (homologasi) pada 1.795 kg. Sebagai perbandingan, powertrain listrik Folgore berarti lebih berat di 2.260 kg.

Meski begitu, ketinggiannya tetap sama dengan saudara kandungnya, yakni 1.353 mm. Ketiga varian tersebut memiliki lebar 1.957 mm dan wheelbase 2.929 mm, namun Trofeo memiliki panjang keseluruhan lebih panjang 4.966 mm dibandingkan Modena dan Folgore yaitu 4.959 mm.

Varian mesin pembakaran memiliki empat mode berkendara (Comfort, GT, Sport dan Corsa) yang tersedia, dengan opsi untuk mematikan semua pengasuh elektronik sepenuhnya. Mode Folgore mencakup Max Range, GT, Sport, dan Corsa, dengan yang pertama menumpulkan pedal akselerator, sistem iklim, dan kecepatan tertinggi hingga 130 km/jam untuk menghemat daya baterai yang berharga saat status pengisian daya turun di bawah 16%.

2023 Maserati GranTurismo Folgore

Dalam mode Corsa, pengemudi dapat mengatur mobil sehingga semua daya mengalir ke motor listrik belakang ala mode drift, dan ada fungsi kontrol peluncuran yang juga dapat diaktifkan dalam mode Sport. Empat tingkat regenerasi rem juga tersedia bersama dengan pra-pengkondisian dan navigasi yang dioptimalkan yang memperhitungkan kebutuhan pengisian untuk menyelesaikan rute.

Beralih dari spesifikasi teknis, gaya GranTurismo baru sangat mengingatkan pada pendahulunya, dengan proporsi, garis, dan bentuk keseluruhan yang memiliki suasana akrab dan seharusnya cukup untuk membuat air liur menetes.

Sesuai dengan arah desain baru perusahaan, GT baru mengadopsi lampu depan vertikal MC20, gagang pintu flush-ish, dan lampu belakang ramping. Anda juga akan melihat kap mesin memiliki lipatan tersembunyi dari hidung yang terinspirasi MC20 dan sekarang menyatu di spatbor untuk membentuk cangkang yang Maserati menjuluki ‘cofango’.

Untuk membedakan varian, gril Modena berwarna hitam dengan bilah hitam mengkilap dan garis krom yang disikat, dengan warna yang juga digunakan untuk pegangan dan aksen di atas logo Maserati belakang. Lencana model di samping dan logo Trident juga dipoles dengan warna hitam mengkilap, sedangkan penutup jendela dan knalpot berlapis krom.

2023 Maserati GranTurismo Folgore

Trofeo menambahkan aksen serat karbon pada bemper, side skirt serat karbon dan bilah gril hitam mengkilap, sedangkan kata-kata Trofeo samping dan logo Trident hadir dalam krom mengilap dengan garis merah.

Sedangkan untuk Folgore, ia mendapatkan desain bumper depan sendiri dengan lubang samping yang lebih kecil dan splitter khusus untuk mengurangi hambatan sebesar 7%, sementara grilnya mendapat sisipan hitam mengkilap pada dasar hitam sutra yang sedikit dianodisasi. Pemisah, pegangan, trim DLO, dan pegangan belakang juga berwarna hitam mengkilap, sedangkan logo Trident dan lencana lainnya berwarna tembaga gelap. Oh, tidak ada outlet knalpot untuk alasan yang jelas.

Anehnya, Maserati tidak memberikan foto interior namun konon terinspirasi dari MC20 dan Grecale. Fitur yang disebutkan termasuk kluster instrumen digital 12,2 inci dan empat layar lainnya – unit 12,3 inci untuk infotainment, 8,8 inci untuk kontrol iklim, layar head-up, dan jam digital kecil, mirip dengan Grecale. Perusahaan juga menawarkan sistem suara Sonus faber dengan 19 speaker dan amplifikasi 1.195 watt sebagai peningkatan dari pengaturan 14 speaker 860 watt yang lebih rendah.

Bantuan pengemudi yang tersedia termasuk Maserati Active Driving Assist yang menyediakan pengereman darurat otonom, bantuan jalur aktif dan pemeliharaan jalur darurat, di antara sistem lainnya. Ada juga Dynamic Road View, rem darurat belakang dan kamera surround view.

2023 Maserati GranTurismo Trofeo

2023 Maserati GranTurismo Modena

2023 Maserati GranTurismo Folgore

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *