GAC Aion Hyper SSR – Supercar EV Cina terungkap dengan hingga 1.225 hp; 0-100 km/jam dalam 1,9 detik; dari RM828k

Aion adalah sub-merek kendaraan listrik (EV) di bawah Guangzhou Automobile Group (GAC) China yang saat ini menjual sedan dan crossover sepenuhnya listrik. Baru-baru ini, perusahaan mengumumkan bahwa mereka memasuki segmen supercar listrik dengan mengungkapkan Hyper SSR baru.

Sekilas, Hyper SSR terlihat bagian dengan pintu kupu-kupu dan bodi yang terutama terbuat dari serat karbon untuk menjaga bobotnya tetap rendah. Isyarat desain menonjol lainnya termasuk lampu depan ramping yang hampir menjangkau lebar ujung depan, air scoop besar di apron bawah, lampu belakang yang sama tipisnya, diffuser yang menonjol dan sayap belakang yang aktif.

Pendekatan desain sporty namun modern meluas ke kabin minimalis, yang menampilkan roda kemudi berbentuk persegi panjang yang mirip dengan yang ditemukan di mobil balap dan pedal logam mesin. Anda juga akan menemukan panel serat karbon dan jok yang diperkuat, bersama dengan kluster instrumen digital kecil berukuran 8,8 inci di depan pengemudi.

Ada juga sistem infotainment layar sentuh 14,6 inci yang jauh lebih besar yang ditempatkan secara mencolok di dasbor di atas ventilasi udara tengah, sementara konsol tengah yang panjang menampung cupholder praktis dan sandaran tangan untuk dinikmati penumpang.

Dalam hal spesifikasi powertrain, versi dasar dari Hyper SSR adalah penggerak roda belakang dan motor listriknya dipasangkan dengan transmisi dua kecepatan. Opsi ini akan menelan biaya 1,286 juta yuan (RM827.839) dan dapat melaju dari 0-100 km/jam dalam 2,3 detik.

Juga akan ada varian all-wheel drive yang disebut Hyper SSR Ultimate dengan harga 1,688 juta yuan (RM1,085,586). Dengan unit penggerak listrik lain di depan, total output sistem Ultimate adalah 1.225 hp dan torsi roda pada 12.000 Nm, yang mengurangi waktu sprint abad menjadi 1,9 detik. Angka torsi tinggi harus mengacu pada torsi total gabungan yang diterapkan ke roda, bukan pada poros keluaran motor listrik, jadi lebih sulit untuk membuat perbandingan apel dengan lembar spesifikasi supercar lainnya.

Pesanan untuk Hyper SSR sudah dibuka, dengan pengiriman diperkirakan akan dimulai pada Oktober 2023. Jika Anda penasaran dengan ukuran supercar EV ini, ia memiliki panjang 4.538 mm, lebar 1.988 mm, dan tinggi 1.238 mm. Lebar dan tinggi mirip dengan Rimac Nevera, yang merupakan EV ultra-cepat lainnya, meskipun penawaran Kroasia memiliki panjang keseluruhan lebih panjang 4.750 mm.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *