Lotus Technology menyelesaikan penggalangan dana, senilai RM20,6 miliar; Produksi Eletre EV akan dimulai tahun ini

Lotus Technology, anak perusahaan teknologi global dalam Lotus Group telah menyelesaikan penggalangan dana yang telah memberi nilai perusahaan hampir US$4,5 miliar (RM20,56 miliar), kata perusahaan seperti dilansir Reuters.

Perusahaan induk, Lotus Group sebelumnya bertujuan untuk mengapungkan divisi Teknologi Lotus yang akan bernilai 5 miliar hingga 6 miliar pound sterling, atau RM28,5 miliar hingga RM34,2 miliar pada saat itu. Teknologi Lotus dikonfirmasi ke Reuters bahwa ini adalah putaran penggalangan dana yang sama, namun tidak mengungkapkan jumlah yang dikumpulkan, atau investor yang ambil bagian.

Lotus Technology akan bertanggung jawab atas gelombang baru model listrik merek tersebut, termasuk SUV listrik penuh Eletre yang akan diproduksi di pabrik Geely di Wuhan, Cina; berdasarkan Reutersproduksi Eletre akan dimulai pada akhir tahun ini.

Produksi Lotus Eletre akan dimulai di Wuhan, Cina tahun ini

Lotus Cars 51% dimiliki oleh Geely sedangkan sisanya 49% dimiliki oleh Etika Automotive, anak perusahaan Etika Strategy yang dimiliki oleh Tan Sri Syed Mokhtar Al-Bukhary yang menguasai DRB-Hicom. Etika memiliki 30% saham di Lotus Technology.

Grup Geely Zhejiang menyelesaikan transaksi untuk saham mayoritasnya di Lotus pada tahun 2017, menyusul keputusan DRB-Hicom untuk menjual Lotus seluruhnya seharga 100 juta pound sterling (RM556 juta) pada saat itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *