2022 Audi RS Q8 di Malaysia – 600 PS, 800 Nm, 0-100km/jam 3,8 detik, kemudi semua roda, RM1,6 juta

PHS Automotive Malaysia, distributor resmi kendaraan Audi di Malaysia, telah menambahkan Audi RS Q8 ke dalam jajarannya. SUV Audi berukuran penuh pertama dengan lencana RS mulai dari RM1.699.990, dan ditawarkan dengan garansi jarak tempuh tak terbatas lima tahun, bantuan pinggir jalan lima tahun, dan perawatan gratis tiga tahun. Standar Q8 S-Line yang diperkenalkan kembali pada bulan Juli tahun ini adalah sekitar setengah dari harga RM867k.

Di bawah kap RS Q8 terdapat mesin V8 twin-turbo 4.0 liter yang menghasilkan 600 PS pada 6.000 rpm, dan torsi 800 Nm antara 2.200 hingga 4.500 rpm. Sprint 0-100 km/jam diselesaikan dalam 3,8 detik – menjadikannya SUV Audi pertama yang menembus angka empat detik – dengan kecepatan tertinggi 305 km/jam. Untuk beberapa perspektif, sepupu RS Q8, Lamborghini Urus, hanya sedikit lebih cepat dari 0-100 km/jam dalam 3,6 detik.

Mesin V8 dibantu oleh sistem hybrid ringan 48 volt yang dilengkapi dengan alternator-starter sabuk yang terhubung ke poros engkol. Daya hingga 12 kW dapat dipulihkan dari perlambatan dan pengereman, dan disimpan dalam baterai lithium-ion yang ringkas. Sistem ini memungkinkan meluncur hingga 40 detik dengan mesin dimatikan, menghemat hingga 0,8 L/100 km.

Jika Anda menginginkan mesin V8 RS Q8 twin-turbo tetapi juga khawatir tentang angka emisi dan konsumsi, Anda akan senang mengetahui bahwa mesin ini memiliki sistem silinder sesuai permintaan (COD) Audi. Pada kecepatan rendah, silinder 2, 3, 5, dan 8 dimatikan untuk efisiensi bahan bakar yang lebih baik. Silinder diaktifkan kembali ketika pengemudi menekan pedal gas.

Ditingkatkan secara aural oleh knalpot sport RS, mesin V8 dipasangkan dengan otomatis delapan kecepatan untuk menggerakkan keempat roda melalui sistem penggerak semua roda permanen quattro Audi. Diferensial pusat penguncian mengirimkan daya terutama ke roda belakang (40:60). Jika slip terdeteksi, hingga 70% tenaganya dapat dikirim ke roda depan.

Diferensial quattro sport dengan vektor torsi aktif membagi tenaga antara roda belakang, sementara sistem stabilisasi gulungan aktif membantu mengurangi body roll saat menikung pada kecepatan tinggi. RS Q8 dilengkapi dengan suspensi udara adaptif yang menurunkan ketinggian pengendaraan sebesar 90 mm dibandingkan dengan Q8 standar, dan kemudi semua roda juga dipasang sebagai standar.

Seperti yang Anda tahu, RS Q8 tidak terlihat seperti Q8 standar. Ini dibalut dengan bumper depan dan belakang yang lebih agresif, gril depan Singleframe dengan sisipan sarang lebah khusus RS, intake yang lebih besar, diffuser belakang dan satu set velg Y-spoke 23 inci yang besar. Roda dibungkus dengan ban Pirelli P Zero profil 295/35 – ban terbesar yang pernah dipasang pada mobil produksi Audi.

Terselip di belakangnya adalah kaliper 10 pot berwarna merah dengan cakram keramik karbon 420 mm (depan) dan 370 mm (belakang). Selain lampu depan Matrix LED berwarna, RS Q8 juga dilengkapi dengan spoiler belakang RS. Lampu depan Matrix LED dilengkapi dengan sinyal belok berurutan, dan menampilkan animasi khusus RS saat mengunci dan membuka kunci.

Kelongsong bodi yang unik memperlebar bodi sebesar 10 mm di depan dan 5 mm di belakang. Audi RS Q8 tersedia dalam sembilan warna, termasuk Java Green metallic yang cantik yang Anda lihat di sini dan 11 warna Audi Exclusive.

Masuk ke dalam, RS Q8 dilengkapi dengan tampilan RS pada kokpit virtual Audi dan tampilan infotainment respon sentuh MMI, tampilan head-up juga dengan grafik RS, dan jok sport RS dengan kulit Valcona. Pengemudi dapat memantau parameter seperti tekanan ban, waktu putaran, G-forces di kokpit virtual, dengan indikator perpindahan gigi terintegrasi.

Delapan mode berkendara tersedia termasuk kenyamanan, otomatis, dinamis, efisiensi, allroad, offroad, dan dua mode RS yang dapat dikonfigurasi secara individual – RS1 dan RS2. Melalui mode drive pada sistem pemilihan drive Audi memungkinkan pengemudi untuk mengontrol respons mesin dan transmisi, suspensi udara dan pengaturan kemudi semua roda sambil juga mengubah suara knalpot.

Kursi dilengkapi dengan fungsi ventilasi dan pijat, sementara pengaruh RS lainnya termasuk jahitan kontras abu-abu pada bantalan lutut, roda kemudi, alas lantai, tombol shift berbalut kulit Nappa, dan sabuk pengaman.

Kulit Nappa juga diaplikasikan pada sandaran tangan pintu, sementara Alcantara terpampang di bagian depan. Fitur onboard yang menonjol termasuk sunroof panoramik, sound system Bang & Olufsen, kerai elektrik untuk jendela belakang dan kursi depan elektrik 12 arah dengan dukungan lumbar dan fungsi memori untuk pengemudi.

Untuk bantuan keselamatan dan pengemudi, RS Q8 menawarkan delapan airbag, kontrol jelajah adaptif, peringatan perubahan jalur, peringatan keberangkatan jalur, bantuan persimpangan, bantuan lalu lintas lintas depan, dan monitor tampilan keliling 360 derajat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *