2022 Perodua Alza – review video lengkap MPV 7-seater; apakah ini mobil terbaik di bawah RM100k, full stop?

Anda telah membaca ulasan kami tentang Perodua Alza 2022 dan jika kami terkesan di sana, itu lebih sama dalam ulasan video komprehensif ini. Di sini, Hafriz Shah menunjukkan hal-hal yang dia sukai dari Alza generasi kedua, serta bagian-bagian yang tidak dia setujui. Dan ada beberapa di antaranya. Video ini tidak singkat, tetapi berisi semua yang perlu Anda ketahui tentang mobil baru paling signifikan tahun 2022.

Meskipun Alza tidak sempurna, poin negatifnya ada pada detail yang lebih halus dan Perodua telah melakukannya dengan baik dalam hal-hal yang paling penting dalam MPV keluarga yang terjangkau – ruang dan kepraktisan, keamanan dan efisiensi/ekonomi bahan bakar. Kami telah mengharapkan hal-hal itu dari pemimpin pasar akhir-akhir ini, tetapi Alza memberikan bonus kejutan – kami akan menjelaskannya di video.

Diluncurkan pada bulan Juli, D27A menggantikan Alza berbasis JDM asli yang sekarang berusia 13 tahun, beberapa masa pakai di dunia mobil. Dengan panjang 4.425 mm dan lebar 1.730 mm, jejaknya lebih panjang 205 mm dan lebar 35 mm dari Alza lama, meskipun jarak sumbu roda 2.750 mm tidak berubah.

Bodi yang lebih besar menghasilkan lebih banyak ruang interior untuk manusia dan kargo – panjang interior dengan jok baris kedua yang terdorong ke belakang adalah 2.765 mm, yang berarti 115 mm lebih besar dari sebelumnya. Lebar bodi ekstra 35 mm sepenuhnya diterjemahkan ke lebar interior juga.

Alza lama hampir tidak ada sebagai MPV tiga baris dan hanya memiliki ruang bagasi 83 liter dengan semua kursi dinaikkan. Sekarang, ini adalah 137 liter yang dapat digunakan (+54L, bagus untuk beberapa tas ransel). Dengan bangku baris ketiga dilipat (50:50), ruang kargo sekarang menjadi 498 liter, peningkatan 150L yang sangat besar.

Alza telah digabungkan dengan Toyota Avanza/Veloz dan Daihatsu Xenia, dan semuanya duduk di platform penggerak roda depan Daihatsu New Global Architecture (DNGA). Masing-masing memiliki wajah yang unik, sehingga Alza akan tampil berbeda dengan Veloz yang akan segera diluncurkan di Malaysia. Kami telah merinci perbedaan Alza-Veloz dalam posting terpisah di sini.

Menghadap ke samping, Alza, dengan suspensi unik dan ground clearance rendah 160 mm, duduk 30 mm lebih rendah dari Veloz spek Malaysia (190 mm, sudah lebih rendah dari 205 mm di Indonesia). GC yang sengaja rendah ini dipilih agar mudah masuk dan keluar bagi anggota keluarga muda dan tua, tetapi pusat gravitasi yang rendah juga meningkatkan dinamika.

Di bawah kap adalah mesin Dual VVT-i NR buatan Perodua yang juga menggerakkan Myvi, Vios/Yaris dan Veloz yang akan datang. Tenaga 105 hp dan 138 Nm tidak terdengar banyak, terutama untuk sebuah MPV, tetapi pada 1.170 kg, Alza hanya 20 kg lebih berat daripada Vios spek teratas meskipun memiliki lebih banyak logam, jok dan fitur. Untuk konteks tambahan, Mazda 3 Hatchback yang sporty, yang juga dilengkapi dengan mesin 1.5L NA, memiliki bobot 1.368 kg, hampir 200 kg lebih. Itu tergantung pada DNGA, yang juga memberikan kinerja ASEAN NCAP bintang lima.

P2 mengatakan bahwa mesin baru memberikan efisiensi bahan bakar 40% lebih baik ditambah peningkatan kinerja. Eco Idle (auto start-stop) adalah standar. Euro 4 empat-pot dipasangkan ke gearbox D-CVT yang melakukan debut lokalnya dengan Ativa turbocharged tahun lalu. Sistem CVT gigi split pertama di dunia kemudian muncul di Myvi facelift, dipasangkan dengan mesin NA NR. Di sini, seperti pada Ativa, D-CVT memiliki mode manual, yang Myvi lewatkan.

Merek baru adalah Mode Drive (H dan AV). Mode Normal, Eco dan Power dapat dipilih melalui tombol kemudi ‘DRIVE’ di jari-jari kanan, di mana tombol ‘PWR’ ada di Ativa dan Myvi. Tekan sebentar untuk Power, tekan lama untuk Eco. Yang terakhir memberikan respons yang lebih tinggi sementara yang terakhir mengoptimalkan penghematan bahan bakar.

Berbicara tentang FC, ini adalah 22 km/l dalam apa yang disebut P2 sebagai Siklus Mengemudi Malaysia, yang seharusnya mencerminkan kondisi lokal. Ini 18,9 km/l di NEDC yang lebih familiar. Perodua mengklaim bahwa sebuah Alza membutuhkan kurang dari RM40 bensin RON 95 untuk melakukan perjalanan dari KL ke Penang (358 km), berdasarkan RM2,05 per liter saat ini. Kami tidak bisa mendekati 22 km/l, tetapi rata-rata kami adalah angka yang terhormat – selengkapnya di video.

Di departemen kit, Alza mendapatkan semua perlengkapan Ativa, dengan bonus beberapa fitur baru untuk Perodua. Enam airbag dan ASA adalah standar dari model dasar (tidak ada kompromi dalam hal keselamatan), dan ada juga panel meter digital, ACC + LKC (paket ini selalu dilengkapi dengan BSM dan RCTA) dan LED Adaptive Driving Beam level Lexus lampu depan.

Fitur-fitur baru termasuk rem parkir elektronik (EPB) dengan penahan rem otomatis (memerlukan rem cakram belakang), monitor panorama 360 derajat (dapat dihidupkan secara manual melalui tombol kemudi) dan sistem infotainment baru yang terlihat lebih baik dan memiliki Android Auto dan Apple CarPlay yang baru saja disetujui. ACC sekarang memiliki kecepatan rendah mengikuti atau membantu kemacetan lalu lintas.

Tingkat kit sangat mencengangkan dan jauh melampaui apa yang ditawarkan sedan dan hatchback segmen B non-nasional untuk uang. Jangankan Proton, yang basis X50 berharga RM86.300 dan hanya memiliki empat airbag. Mobil termurah P1 dengan ADAS adalah X50 Flagship di RM113,300. Hal yang sama dapat dikatakan tentang Veloz tentu saja, tetapi dengan perkiraan RM95k, MPV berlencana T kurang dari proposisi nilai.

Perodua Alza 2022 baru dibanderol dengan harga RM62,500 untuk basis X, RM68,000 untuk spesifikasi menengah H dan RM75.500 untuk AVnya. Harga on-the-road tidak termasuk asuransi, dengan pajak penjualan. AV yang Anda lihat di sini memiliki bodykit GearUp Prime dengan lampu LED daytime running, serta sarung jok kulit imitasi dan aksesori kecil lainnya – katalog GearUp lengkap di sini. Untuk informasi lebih lanjut tentang Alza, lihat posting perbandingan spesifikasi-dengan spesifikasi kami dan ulasan tertulis.

GALERI: 2022 Perodua Alza AV dengan bodykit GearUp, aksesoris

Tag: Perodua Alza 2022

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *