Teknologi 5G untuk membantu mengurangi kemacetan lalu lintas, mendukung mobil self-driving di Malaysia – dosen UTM

Munculnya 5G, atau teknologi seluler broadband generasi kelima bertujuan untuk menawarkan pengoperasian perangkat jaringan yang lebih cepat, dan pembangunan infrastruktur untuk mendukung 5G di Malaysia akan meningkatkan operasi di beberapa sektor, di antaranya arus lalu lintas serta layanan publik. transportasi, menurut dosen Fakultas Teknik Elektro Universiti Teknologi Malaysia Bruce Leow.

Masalah seperti kemacetan lalu lintas, inefisiensi dalam transportasi umum dan banyak lagi harus ditangani oleh teknologi 5G, menggunakan sistem pusat yang menggunakan kecerdasan buatan, kata Leow dalam sebuah wawancara dengan KATAKAN.

“Saat ini, sistem berjalan secara mandiri. Mereka tidak terhubung, yang berarti bahwa hal-hal seperti lampu lalu lintas tidak berbicara satu sama lain. Tapi dengan 5G, lampu lalu lintas bisa saling berbicara, lalu bisa disinkronkan dan diubah-ubah sesuai kondisi lalu lintas,” jelas Leow.

Penerapan teknologi 5G juga akan menguntungkan pengembangan kendaraan otonom dan teknologi yang menyertainya. Malaysia memiliki jalan umum yang mendukung pengujian kendaraan otonom, dengan rute uji pertama ditetapkan pada November 2020 dan disetujui sebulan setelahnya.

Terletak di Cyberjaya, rute uji ini dikembangkan oleh anak perusahaan Cyberview Futurise bekerja sama dengan kementerian transportasi dan dewan kota Sepang di bawah inisiatif National Regulatory Sandbox, dan merupakan salah satu dari dua rute yang diperuntukkan untuk tujuan ini. Bagian dari upaya itu melibatkan pengembangan mobilitas perkotaan, termasuk kendaraan otonom dan kendaraan udara tak berawak (UAV).

Pada saat itu, eMoovit Technology diumumkan sebagai perusahaan pertama yang mendapatkan persetujuan untuk menggunakan rute pengujian kendaraan otonomnya, Proton Exora yang dapat mengemudi sendiri. eMoovit Technology beroperasi di bawah perusahaan Singapura Moovita, yang mengkhususkan diri dalam menyediakan solusi perangkat lunak tanpa pengemudi untuk lingkungan perkotaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *