Volt City EV diluncurkan di Thailand – versi dua dan empat pintu, jangkauan hingga 210 km, dengan harga hanya RM40k

Adegan kendaraan listrik (EV) Thailand tentu menjadi semakin menarik dari hari ke hari. Selain inisiatif untuk mengembangkan infrastruktur pengisian daya dan bahkan fasilitas pengujian EV, upaya pemerintah Thailand untuk memacu elektrifikasi adalah dengan melihat merek-merek baru memasuki segmen tersebut.

Salah satu pemain tersebut adalah EV Primus Company. Perusahaan yang merupakan importir dan distributor tunggal kendaraan Dongfeng Sokon Automobile (lebih dikenal sebagai DFSK Motor) di Thailand ini telah meluncurkan hatchback listrik baru bernama Volt City EV.

Dua konfigurasi body-style yang berbeda (dua dan empat pintu) tersedia untuk mobil, dan keduanya mendapatkan dua spesifikasi trim, yaitu Classic dan Premium. Harga mulai dari 325.000 baht (RM40.212) untuk Klasik dua pintu dan 355.000 baht (RM43.924) untuk Premium dua pintu.

Adapun Klasik empat pintu, mulai dari 385.000 baht (RM47.636), sedangkan versi Premium berharga 415.000 baht (RM51.348). Model Klasik datang dengan garansi tiga tahun/80.000 km, sedangkan model Premium mendapatkan garansi lima tahun/120.000 km. Perusahaan juga menawarkan pengisi daya wallbox dengan harga diskon 30.000 baht (RM3.711).

Dari segi dimensi, Volt City EV dua pintu memiliki panjang 2.920 mm, lebar 1.499 mm, dan tinggi 1.610 mm, dengan jarak sumbu roda 1.980 mm. Seperti yang Anda harapkan dengan ukurannya, anak kecil ini hanya memiliki berat 690 kg. Sedangkan model empat pintu yang lebih besar memiliki lebar dan tinggi yang sama, hanya saja lebih panjang (3.380 mm) dan jarak sumbu roda yang lebih panjang yaitu 2.440 mm. Ini juga lebih berat di 795 kg.

Terlepas dari gaya bodi, Volt City ditenagai oleh motor listrik magnet permanen sinkron tunggal, yang untuk dua pintu menawarkan 40 hp dan 90 Nm. Motor ini ditenagai oleh baterai lithium-ion 11,8 kWh kecil, yang menyediakan versi dua pintu dengan perjalanan hingga 165 km (berdasarkan siklus NEDC). Kecepatan tertinggi adalah 100 km/jam dan dengan pengisi daya AC 3,1 kW, dibutuhkan empat jam untuk mengisi penuh mobil.

Model empat pintu meningkatkan output motor menjadi 46 hp dan 102 Nm, dan juga mendapat baterai 16,5 kWh yang sedikit lebih besar, meningkatkan jangkauan hingga 210 km (sekali lagi, NEDC) dengan pengisian saat bergerak melalui pengereman regeneratif mungkin menambahkan sedikit lagi. Demikian pula, dengan pengisi daya AC 3,1 kW, dibutuhkan 5,5 jam untuk mengisi penuh Volt City, dan kecepatan tertinggi identik dengan dua pintu.

Ini mungkin tampak seperti EV anggaran untuk sebagian besar, tetapi daftar peralatan Kota Volt melukiskan gambaran yang berbeda. Mobil ini dilengkapi dengan lampu LED di bagian depan dan belakang, kaca spion yang dapat diatur secara elektrik, sedangkan di bagian dalam, Anda mendapatkan fitur seperti kluster instrumen digital dan layar sentuh tujuh inci yang terintegrasi dalam satu panel, dengan Apple CarPlay dan Android. Dukungan otomatis, dan mobil bahkan memiliki setir multi-fungsi.

Di bagian keselamatan juga tidak terlalu lusuh, dengan dual airbag, sensor parkir, kamera mundur, sistem pemantauan tekanan ban, dan bahkan sistem peringatan pra-tabrakan untuk mengemudi kecepatan rendah. Seperti yang Anda harapkan dengan fitur yang rumit, itu juga dilengkapi dengan hal-hal dasar seperti ABS dan EBD, yang setara untuk kursus.

Kita mungkin telah melihat segudang mobil listrik diluncurkan di Malaysia, tetapi sungguh, ini adalah jenis EV yang perlu kita lihat lebih banyak secara lokal. Meskipun jangkauannya rendah, mobil seperti itu akan menjadi komuter kota yang sempurna. Apa pendapat Anda tentang Volt City EV?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *