Proton terjual 11.477 unit pada Juli 2022; X50 terlaris di Malaysia, X70 terus memimpin penjualan SUV segmen-C

Proton telah mengumumkan kinerja penjualannya untuk bulan pertama paruh kedua tahun 2022, di mana produsen mobil nasional menjual 11.477 pada bulan Juli untuk penjualan domestik dan ekspor gabungan.

Volume penjualan produsen mobil bulan lalu sedikit turun dari angka sebelumnya yaitu 14.787 unit yang terjual pada bulan Juni, membawa lonjakan pemesanan sebesar 51% selama bulan Mei dan yang dikaitkan dengan pelanggan yang bertujuan untuk mengambil keuntungan dari penghematan dari pembebasan SST yang berakhir pada 1 Juli. Penjualan keseluruhan untuk tahun ini mencapai 71.061 unit, atau 19,7% lebih tinggi dari periode yang sama tahun lalu.

Proton terus menempati posisi kedua dalam grafik penjualan keseluruhan di Malaysia, bersama dengan pangsa pasar 22,7% untuk bulan Juli sementara pangsa pasar untuk tahun ini telah tumbuh menjadi 18,7%.

Dalam hal model individu, SUV X50 mencatat 4.763 pendaftaran pada bulan Juli, menjadikannya mobil penumpang terlaris di Malaysia bulan lalu. Pengiriman pelanggan dari SUV X70 segmen-C yang lebih besar – yang diluncurkan dengan mesin tiga silinder 1.5L pada bulan Juni – juga meningkat, dengan 1.704 unit terdaftar bulan lalu, menurut Proton.

Dengan gabungan kedua model SUV, X50 dan X70 membawa keseluruhan volume penjualan SUV Proton untuk tahun 2022 menjadi lebih dari 31.500 unit untuk tahun ini hingga saat ini.

Namun puncak penjualan segmen lain ada di tangan Proton dengan Saga, yang terus menjadi sedan segmen A terlaris di negara ini dengan 4.521 unit terjual bulan lalu dan menjadikan total kumulatif model tahun ini menjadi 28.005 unit. Dari pencapaian tersebut, Saga 2022 yang diluncurkan pada Mei lalu berhasil mengumpulkan 9.811 pendaftaran dalam 80 hari pertama di pasaran, menurut Proton.

Di bagian depan MPV, Proton Exora tetap memimpin kategori MPV segmen C dengan 476 unit terjual bulan lalu. Namun, duo segmen B produsen mobil nasional, sedan Persona dan hatchback Iriz harus menghentikan pendaftaran sementara untuk bulan Juli karena penundaan persetujuan bulan lalu.

“Juli adalah bulan konsolidasi di mana permintaan pasar turun ke level normal, dan semua orang berkonsentrasi untuk memenuhi pesanan yang sudah diterima. Proton tidak terkecuali dan dengan situasi pasokan suku cadang kami yang terus membaik, kami akhirnya dapat menunjukkan potensi penjualan Proton X50 yang sebenarnya, ”kata wakil CEO Proton Roslan Abdullah dalam sebuah pernyataan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *